Berita Pilihan Pemberdayaan Masyarakat

Talkshow LKMK dan BKM menuju Masyarakat Surabaya yang Sejahtera

Pada tanggal 31 Oktober 2015 yang lalu, Bapemas dan KB Kota Surabaya mengadakan kegiatan Talkshow Sinergitas dan Kolaborasi antara LKMK dan BKM Kota Surabaya. Kegiatan yang diselenggarakan di BG Junction tersebut diikuti oleh seluruh LKMK dan BKM masing-masing kelurahan se-Kota Surabaya. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung peningkatan kemitraan kedua lembaga tersebut, mengingat LKMK dan BKM merupakan dua lembaga yang sangat berperan penting dalam upaya pembangunan kelurahan.

LKMK, singkatan dari Lembaga Ketahanan Masyarakat Kelurahan, berperan sebagai lembaga atau wadah yang dibentuk atas prakarsa masyarakat yang difasilitasi pemerintah melalui musyawarah dan mufakat sebagai mitra pemerintah dalam menampung dan mewujudkan aspirasi serta kebutuhan masyarakat di bidang pembangunan. Sedangkan BKM, singkatan dari Badan Keswadayaan Masyarakat, disamping berperan sebagai dewan pengambilan keputusan juga untuk  menggalang potensi dan sumber daya, baik yang dimiliki masyarakat maupun  yang bersumber dari luar, dalam upaya menanggulangi berbagai  persoalan pembangunan di kelurahan.

Pada kesempatan ini, Bapemas dan KB mengundang beberapa perwakilan LKMK dan BKM kelurahan sebagai narasumber untuk memberikan testimoni keberhasilan dalam pembangunan di kelurahannya. Salah satunya LKMK Kelurahan Semolowaru yang menjadi juara pertama Lomba Kinerja LKMK se-Kota Surabaya Tahun 2015. Tak hanya itu, LKMK Kelurahan Semolowaru bahkan menjadi nominasi juara Lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Tingkat Nasional Tahun 2013.