Kel. Berencana & Kel. Sejahtera

Revitalisasi KB “Big Family Gathering IMP Se-Kota Surabaya”

Agenda rutin Bapemas dan KB Kota Surabaya mendapat tanggapan antusias dari para kader Institusi Masyarakat Perkotaan Kota Surabaya. Hal ini terlihat dalam kegiatan Revitalisasi KB “Big Family Gathering IMP Se-Kota Surabaya” pada hari selasa 12 Mei 2015 bertempat di Convention Hall Arief Rahman Hakim yang dihadiri oleh 2000 Peserta.

Acara Tersebut dibuka oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat Kota Surabaya, Bpk. Drs. Eko Haryanto, MM. Dalam Acara Tersebut juga dihadiri Kepala Bapemas KB Surabaya, Perwakilan BKKBN Provinsi Jatim, Badan PP dan KB Jatim, SKPD Kota Surabaya, Camat, serta Kader Institusi Masyarakat Perkotaan Kota Surabaya. Revitalisasi program KB bertujuan untuk mengakselerasi pencapaian program Keluarga Berencana dengan mengedepankan peran kader IMP dengan semangat Kemandirian dan Kebersamaan. Menggemakan kembali 6 peran IMP yang menjadi dasar penggerakan program keluarga berencana dan keluarga sejahtera di Surabaya antara lain :

  • Kepengurusan, yaitu pembentukan kelembagaan yang didalamnya terdapat beberapa divisi dan pembagian tugas yang jelas.
  • Pertemuan, yaitu kegiatan bersama sebagai sarana pembagian informasi dan evaluasi terhadap berbagai masalah antar PPKBK, Sub-PPKBK, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan aparatur kelurahan.
  • KIE dan Konseling, Mengupayakan seluruh pasangan Usia Subur (PUS) menjadi sasaran    peserta KB di Wilayahnya dan khusus untuk daerah tertinggal, terpencil, dan perbatasan didorong untuk mendapatkan pelayanan KB yang bermutu.
  • Pencatatan dan Pendataan, yaitu Melakukan pencatatan dan pelaporan hasil program KB dan KS secara rutin setiap bulan dengan menghimpun catatan dari R/I/Sub PPKBD/04, C/I/BKB/04, C/I/BKR/04, C/I/BKL/04, dan C/I/UPPKS/04 untuk dilaporkan      ke PLKB/PKB / pengelola Program KB tingkat kecamatan.
  • Pelayanan Kegiatan, yaitu pelaksanaan kegiatan swadaya yang berisikan prinsip dasar motivasi peserta KB baru, pembinaan peserta KB Aktif, identifikasi sasaran, konseling, dan rujukan.
  • Kemandirian, menjalin kemitraan dengan lembaga swadaya masyarakat dalam pengumpul dana dan sarana operasional kelompok kegiatan (BKB, BKR, BLK, UPPKS).

Revitalisasi KB kali ini mengusung tema “Sang Motivator KB menuju gerakan mengetuk hati meraih mimpi”. Acara ini merupakan agenda rutin yang merupakan bentuk apresiasi Bapemas dan KB Kota Surabaya kepada Kader IMP Kota Surabaya dalam bersama menjalankan program keluarga berencana dan keluarga sejahtera. Pada acara tersebut juga dipaparkan evaluasi pencapaian KB yang ter-break down per masing-masing kecepatan s/d bulan April berikut upaya percepatan pencapaian yang disinergikan dengan program kerja Bapemas dan KB kedepannya.

Acara tersebut menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Raden Satriadi, motivator dan trainer bermaterikan “Trainer, Hypnotherapist & Coach ” dan Christine Wuryano, Pimpinan Swastika Prima bermaterikan “Entrepreneurship becoming way of life”.