Kel. Berencana & Kel. Sejahtera

Revitalisasi KB sebagai Apresiasi Keberhasilan Pencapaian Program KB Tahun 2016

Akhir-akhir ini program Keluarga Berencana (KB) sudah mulai digalakkan kembali dengan hadirnya lembaga terkait ke tengah-tengah masyarakat .Program ini sangat baik jika dalam pelaksanaannya dapat terwujud dengan baik. Karena secara umum program ini bertujuan untuk mengurangi ledakan penduduk yang diperkirakan akan meningkat setiap tahunnya. Peran lain program KB adalah untuk memberikan kehidupan yang lebih baik, di sinilah kehadiran program KB menjadi kebutuhan yang utama ketika ancaman ledakan penduduk menimpa Kota Surabaya.

Secara administratif, Surabaya dibagi menjadi 154 kelurahan dan 31 kecamatan dengan jumlah penduduk mencapai 2,9 juta orang pada malam hari dan itu ganda hingga 5,6 juta orang di siang hari karena banyak orang yang datang dari kota-kota tetangga yang bekerja, sekolah, maupun melakukan aktivitas lainnya di Surabaya. Tahun2016 angka laju pertambahan penduduk Kota Surabaya mencapai 0,63 dan TFR mencapai 1,73. Penggunaan MKJP Kota Surabaya sangat baik hingga akhir Oktober 2016 dari keempat metode seperti IUD (473,8%), MOW (594,5%), MOP (171,2%), dan Implan (91,8%). Hampir kesemuanya terealisasi di atas 100% kecuali Implan.

Dengan demikian, program KB menjadi pilihan yang sangat tepat guna membatasi jumlah anak dalam suatu keluarga secara umum dan menunda masa perkawinan dini agar dapat mengurangi jumlah angka kelahiran yang tinggi. Selain itu, cara lain yang dapat dilakukan untuk mengimbangi ledakan jumlah penduduk adalah penambahan dan penciptaan lapangan kerja, meningkatkan kesadaran dan pendidikan kependudukan, mengurangi kepadatan penduduk dengan program transmigrasi, dan meningkatkan produksi.

Untuk mengapresiasi dukungan dari masyarakat peduli program KB tersebut maka perlu diadakan kegiatan yang diagendakan khusus untuk itu, dan dijadikan agenda tahunan yang lebih dikenal dengan REVITALISASI. Tema tahun ini: “Melalui Peran Kader KB Kita Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga di Surabaya”. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 3 Juli 2016 di Gedung Candra Kencana Surabaya.

Tujuan dari kegiatan tersebut yaitu :

  • Sebagai bentuk apresiasi keberhasilan pencapaian program KB Tahun 2016.
  • Sebagai forum silahturahmi keluarga besar Masyarakat Peduli KB.
  • Sebagai momentum kesiapan Masyarakat Peduli KB untuk mensukseskan program KB di masa mendatang.