Berita Pilihan Pemberdayaan Perempuan

Peringatan Hari Anak Nasional tahun 2015 di Taman Flora

Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli senantiasa dijadikan tonggak untuk menggugah komitmen semua pihak baik pemerintah, dunia usaha serta komponen masyarakat untuk menjamin dan melindungi hak-hak anak. Tema Hari Anak Nasional tahun 2015 yakni “Wujudkan Lingkungan dan keluarga Ramah Anak”.

Dalam rangka menyambut peringatan Hari Anak Nasional tahun 2015 Bapemas dan KB bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Surabaya dan Camat se-Kota Surabaya menyelenggarakan berbagai lomba –lomba yang diselenggarakan pada tanggal 7 -9 Juni 2015 di Taman Flora Surabaya. Beragam lomba ini diikuti oleh anak-anak Surabaya mulai dari tingkat SD/MI hingga SMA/SMK/MA. Beberapa lomba yang digelar yakni Surabaya Mencari Bakat Anak (SMK) kategi A (SD), Surabaya Mencari Bakat Anak Kategori B (SMP-SMA), Tari Kontemporer, Nembang Dolanan tingkat SD/MI, Membatik bagi Guru dan Siswa tingkat SD/MI, Nasyid tingkat SMP/MTs/SMA/SMK/MA, Senam Ceria Anak Indonesia tingkat SD/MI dan Vocal Group tingkat SMP/SMA.

Kepala Bapemas dan KB Kota Surabaya, Dra. Nanis Chairani, MM dalam sambutannya berharap agar anak-anak dapat menggunakan peringatan Hari Anak Nasional sebagai ajang menampilkan kreatifitas dan sekaligus rekreatif. “Mari ikuti lomba-lomba yang ada dengan penuh keceriaan dan tetap sportif.” ujar perempuan berjilbab ini.

Setiap anak beradu bakat dan berharap agar mendapatkan nilai lebih dari dewan juri. Hal ini juga terlihat dari keseriusan mereka dengan berlatih berhari-hari sebelum lomba dilaksanakan. “Kita latihan tiap sore di sekolah mas kadang juga di balai RW.” tutur salah seorang guru SD ketika mendampingi muridnya mengikuti lomba nembang dolanan tingkat SD/MI.

Bagi pemenang lomba diberikan uang pembinaan dan sertifikat yang akan diserahkan pada puncak peringatan Hari Anak Nasional yang akan digelar pada bulan Agustus 2015. (pp)