Pemberdayaan Masyarakat

Penguatan Kapasitas Sang Pemberdaya Menuju Surabaya Lebih Baik

Dalam rangka meningkatkan kapasitas Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) Kota Surabaya, Bapemas dan KB Kota Surabaya mengadakan serangkaian kegiatan yang diikuti oleh seluruh kecamatan di Kota Surabaya. KPM Kota Surabaya sebagai agen perubahan mempunyai peran yang sangat penting dalam mendampingi KSM yang rata-rata anggotanya kategori masyarakat berpenghasilan rendah. Selama ini KPM Kota Surabaya telah diberikan pelatihan-pelatihan terkait tugas, peran dan fungsinya dalam memfasilitasi Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM). Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan KPM dapat meningkatkan motivasi, kepekaan dan ketrampilan dalam menjalakan tugas, peran dan fungsinya.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 15 – 17 September 2015 di BG Junction tersebut meliputi lomba kader pemberdayaan KSM, lomba yel-yel KPM serta lomba ikrar dan mars KPM. Untuk menjaga dan mengedepankan netralitas, mutu serta selektif dalam pelaksanaan lomba, tim penilai diambil dari unsur yang terkait langsung dengan pembinaan KPM seperti David HB sebagai pencipta mars KPM, KPM Jawa Timur, LSM, PKK Kota Surabaya, STESIA serta unsur SKPD seperti Disperindag, Dispora dan Bagian Kesra.

Untuk lomba Pemberdaya KSM, KPM Kecamatan Bubutan meraih juara I. Sedangkan KPM Kecamatan Sawahan meraih juara I untuk lomba mars dan ikrar KPM. Untuk lomba yel-yel KPM, Juara I diraih oleh KPM Kecamatan Wonokromo.