Pemberdayaan Perempuan

Penganugerahan Penghargaan Lomba Kampung’e Arek Surabaya 2015

Bertempat di Taman Surya, Balai Kota Surabaya pada hari Sabtu, 29 Agustus 2015 telah dilaksanakan penganugerahan penghargaan bagi pemenang lomba Inisiasi Kampung’e Arek Suroboyo (IKAS). Terdapat 15 Kampung yang mendapatkan penghargaan dari 5 kategori yang ada yakni Kampung Belajar, Kampung Sehat, Kampung Asuh, Kampung Kreatif Inovatif dan Kampung Aman. Penghargaan diserahkan langsung oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa Kota Surabaya telah mendapatkan penghargaan sebagai Kota Layak Anak sejak tahun 2011 silam. Beragam inovasi setiap tahun telah dilaksanakan dalam rangka mewujudkan Surabaya Kota Layak Anak. Pada tahun 2015 inovasi yang dilakukan yakni Inisiasi Kampung’e Arek Suroboyo (IKAS) yang melibatkan RW di Surabaya. Konsep Kampung’e Arek Suroboyo merupakan turunan langsung dari Kota Layak Anak.

Berikut kampung-kampung yang mendapatkan penghargaan dalam lomba Inisiasi Kampung’e Arek Suroboyo tahun 2015

Kategori Juara Kelurahan RW
Kampung Belajar 1 Babat Jerawat VIII
2 Ngagel Rejo IV
3 Wonokusumo VI
Kampung Asuh 1 Dukuh Setro I
2 Jambangan III
3 Karang Poh VI
Kampung Sehat 1 Wonokusumo VI
2 Jambangan III
3 Dukuh Setro I
Kampung Aman 1 Kertajaya XI
2 Dukuh Setro I
3 Ngagel Rejo IV
Kampung Kreatif – Inovatif 1 Lontar I
2 Banyuurip VI
3 Jambangan III

 

Dalam sambutannya Tri Rismaharini menyampaikan bahwa pemenuhan dan perlindungan terhadap hak anak tetap harus dijalankan dimanapun dan kapanpun. “Jangan sampai pemenuhan hak anak hanya ada karena ada lomba dan penghargaan saja”tutur walikota perempuan pertama di Kota Surabaya ini. Acara penghargaan lomba Inisiasi Kampung’e Arek Suroboyo ini melibatkan anak-anak mulai TK hingga SMA yang ada di Kota Surabaya.

Acara penganugerahan lomba Inisiasi Kampung’e Arek Suroboyo ini juga sekaligus dirayakan bersamaan dengan puncak peringatan Hari Anak Nasional 2015 dimana didalamnya terdapat serangkaian acara performance anak-anak sekaligus penghargaan terhadap pemenang lomba-lomba peringatan Hari Anak Nasional yang telah dilaksanakan pada bulan Juni 2015. (PP)