Ketahanan Ekonomi

Inkubasi dan Klinik Usaha Mandiri bagi Keluarga Miskin Tahun 2016

Bapemas dan KB Kota Surabaya telah melakukan perubahan metode dan model kegiatan Pelatihan Ketrampilan Dasar untuk Keluraga Miskin dalam Pemberdayaan Ekonomi tahun 2016. Perubahan kegiatan tersebut dinamakan “Inkubasi dan Klinik Usaha Mandiri”. Kegiatan Pemberdayaan Ekonomi ini dimaksudkan sebagai upaya memberikan tambahan kemampuan soft skill dan teknis dasar produksi bagi warga Kota Surabaya sebagai bekal pemberdayaan bagi warga kota dalam bentuk wirausaha untuk menambah pendapatan ekonomi keluarga.

Tahapan Pelaksanaan INKUBASI DAN KLINIK USAHA MANDIRI sebagai berikut :

Pra Inkubasi dan Klinik Usaha Mandiri

  1. Pelatihan surveyor dan tenaga pendamping dilaksanakan bulan Juli 2016
  2. Asessment calon peserta keluarga miskin kepada 3.383 orang dilaksanakan pada bulan Juli sd Agustus 2016 di 11 kecamatan dan 23 Kelurahan.
  3. Kepengusahaan Dasar (penguatan motivasi kepengusahaan) bagi 489 peserta hasil assessment di 11 kecamatan dan 23 kelurahan di Kota Surabaya dilaksanakan selama 6 (enam) hari mulai tanggal 25 Agustus 2016 dan berakhir pada tanggal 2 September 2016 secara bertahap bertempat di ruang Pola Bapeko dan di Ruang Sawunggaling sebagai berikut :
    • Angkatan 1 dari kecamatan Simokerto, Kelurahan Kapasan, Simokerto, Simolawang dan Tambakrejo
    • Angkatan 2 dari Kecamatan Sukolilo, Kelurahan Klampis Ngasem dan Kecamatan Tambaksari Kelurahan Kapas Madya Baru dan Pacar Kembang
    • Angkatan 3 dari kecamatan Semampir, Kelurahan Ampel, Sidotopo, Ujung dan Wonokusumo, Kecamatan Rungkut, Kelurahan Medokan Ayu dan Kecamatan Bulak Kelurahan Bulak.
    • Angkatan 4 dari kecamatan Kenjeran Kelurahan Tambak Wedi, Tanah Kali Kedinding, Kecamatan Pabean Cantian di Kelurahan Perak Timur dan Perak Utara, Kecamatan Sawahan di Kelurahan Banyu Urip
    • Angkatan 5 dari kecamatan Krembangan di Kelurahan Dupak, Kecamatan Bubutan di Kelurahan Bubutan, Gundih, Jepara dan Tembok Dukuh.
    • Ulangan II untuk peserta yang tidak hadir pada angkatan 1 s/d 5 dilaksanakan pada tanggal 8 September 2016 di ruang pola Lt 3 Bapeko di Jalan Pacar 8 Surabaya.
Klinik Usaha Mandiri Keluarga Miskin
Klinik Usaha Mandiri Keluarga Miskin

Inkubasi dan Klinik Usaha Mandiri

  1. Analisa kebutuhan dasar (eksplorasi peluang, potensi diri dan target diri) kepada 241 peserta yang hadir dan minat pada tahap motivasi kepengusahaan dilaksanakan pada 13 September 2016.
  2. Rancangan strategis untuk intervensi peserta dalam memulai bisnis dilaksanakan pada tanggal 14 dan 16 September 2016.
  3. Tindak Lanjut pelatihan direncanakan dilaksanakan minggu ketiga bulan September 2016
  4. Market test dan networking direncanakan dilaksanakan bulan Oktober 2016.
  5. Refleksi lanjut direncanakan bulan Nopember 2016
Kegiatan Pra Inkubasi
Kegiatan Pra Inkubasi
Kegiatan Pra Inkubasi
Kegiatan Pra Inkubasi
Kegiatan Pra Inkubasi
Kegiatan Pra Inkubasi

Pasca Inkubasi dan Klinik Usaha Mandiri

Berupa coaching dan mentoring sampai mandiri dilaksanakan mulai minggu ketiga bulan September 2016 sampai dengan akhir Desember 2016.