• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size


Pelatihan Ketrampilan bagi Keluraga Miskin 2012

Bapemas KB, Surabaya - Kegiatan pelatihan ketrampilan yang ditujukan bagi keluarga miskin di Surabaya tahun 2012 ini akan lebih beragam, pelatihan ketrampilan seperti membuat kue kering, kerajinan manik-manik dan sebagainya akan lebih bervariasi lagi. Pelatihan yang akan dilaskanakan mulai tanggal 19 Juni 2012 sampai dengan 18 Juli 2012 terbagi menjadi 280 kelompok yang tersebar di seluruh wilayah kota Surabaya. 

Bekal ketrampilan yang diajarkan kepada para peserta antara lain :
- Aneka Makanan dan Minuman Olahan seperti kecap, cake, manisan, sirup dan kue kering,
- Handycraft seperti Glass Painting, Sulam pita, painting, ikat celup dan payet
- Aneka Produk Rumah tangga yaitu Sabun cuci piring, pembersih lantai, dll
- Menjahit baju dan menjahit kreatif seperti tas dan dompet
- Perawatn rambut, tangan , kaki  dan tata rias
- Sabun dan lilin aromatheapy
 
Peserta tidak hanya diberi bekal pelatihan selama 2 - 4 hari akan tetapi didampingi oleh para kader dan faskel serta dukungan dari PNPM Mandiri hingga para peserta yang selanjutnya tergabung dalam Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) bisa berproduksi dan memasarkan produknya secara mandiri.
 

Pelatihan ESQ remaja dan anak sekolah

Merespon permasalahan sosial anak yang sedang berkembang di kota metropolitan termasuk Kota Surabaya seperti narkoba, trafiking dan pergaulan bebas.  Serta Sebagai sarana memberikan bekal mental untuk tumbuh kembang anak Surabaya maka Bapemas dan KB Kota Surabaya menyelenggarakan Pelatihan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Remaja. Pelatihan ESQ ini dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 26-27 Mei 2012 di  Ruang Pola Bappeko Kota Surabaya.

Pelatihan selama dua hari ini diikuti oleh 125 peserta yang terdiri dari beberapa sekolah di Kota Surabaya dan anak-anak dampingan LSM Peduli Anak. Acara dibuka langsung oleh Asisten Kesejahteraan  Rakyat Kota Surabaya Eko Haryanto dan dihadiri oleh Antiek Sugiharti Kepala Bapemas dan KB, Baktiono Ketua Komisi D DPRD Kota Surabaya, Yayuk Sri Rahayu Ketua Pansus Perda Penyelenggaraan Perlindungan Anak serta Keppi Damayanti Ketua ESQ Leadership Center Jawa Timur. Dalam sambutannya Asisten Kesra sangat mendukung acara untuk anak-anak ini, “ Semoga dapat membentuk karakter dan mental arek-arek Suroboyo” tutur pria berkaca mata ini.

Selanjutnya...
 

Kartini Muda Surabaya

Banyak cara memperingati Hari Kartini beberapa waktu lalu yang jatuh pada tanggal 21 April. .  Peringatan Hari kartini merupakan salah satu media untuk mengenang spirit dan tekad Kartini dalam mengentaskan perempuan dari belenggu kebodohan dan keterbelakangan.

Bersamaan dengan pameran kerajinan oleh Dekranasda Kota Surabaya SUPERMAL SUPERCRAFT SHOW 2012 di Supermal Pakuwon Indah Surabaya diselenggarakan Peringatan Hari Kartini yang melibatkan Kartini Muda Surabaya.  Kegiatan Kartini Muda Surabaya ini dilaksanakan selama dua hari yakni tanggal 20 dan 21 April 2012. Kartini Muda Surabaya merupakan kegiatan mempertemukan kartini-kartini masa kini yang merupakan perwakilan dari pelajar SMP dan SMA di Kota Surabaya.

Terakhir Diupdate ( Selasa, 05 Juni 2012 12:54 ) Selanjutnya...
 

Pelatihan Keterampilan bagi Keluarga Miskin Tahun 2011

Bapemas KB, Surabaya - Bulan ini akan dilaksanakan kembali Pelatihan Keterampilan bagi Keluarga Miskin  di Surabaya. Pelatihan akan dilaksanakan di seluruh Kecamatan se-Surabaya. Beberapa macam pelatihan yang akan diberikan kepada para peserta adalah :

  • Aneka Makanan, seperti Kue Kering, Kue Basah,Masakan Indonesia, dll
  • Menjahit, seperti menjahit baju, menjahit tas, dll
  • Handycraft, seperti Souvenir/manik-manik, Tas painting, Bross, dll
  • Aneka Usaha, seperti Bordir, Salon, Tata rias, Aneka peralatan dan produk rumah tangga, Membatik, dll
Pelatihan tahun 2011 ini dilaksanakan pada bulan Juli dan September, pelatihan dijadwalkan dimulai pukul 09.00 hingga siang hari dengan jumlah peserta yang terdaftar antara 25-30 orang untuk setiap lokasi pelatihan.
Terakhir Diupdate ( Rabu, 06 Juli 2011 10:35 )
 

Seminar Identifikasi Pemanfaatan Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna di 9 Kecamatan

Bapemas KB Surabaya - Kesembilan Kecamatan yang dapat dibagi menjadi 3 wilayah pengembangan sesuai dengan kesamaan karakteristik Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna di Kota Surabaya yang merupakan hasil identifikasi, yaitu wilayah pengembangan pesisir timur, wilayah pengembangan pesisir utara dan wilayah pengembangan daratan kota. Dalam kesempatan ini Walikota Surabaya memberikan arahan untuk pengembangan di beberapa wilayah, yang mana pengembangan Usaha Mikro Kecil menjadi perhatian utama. Oleh karena itu tidak adanya perbedaan baik itu kaya maupun miskin atau tua maupun muda, Walikota Surabaya hanya melihat dalam satu pemikiran untuk mensejahterakan masyarakat Kota Surabaya. Walikota juga menjelaskan data rumah tangga miskin yang didapat dari hasil pendataan statistik yaitu miskin, sangat miskin dan hampir miskin, berdasar data tersebut dengan intervensi program Pemerintah tentunya diharapkan masyarakat Kota Surabaya bisa meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga/kelompok,

Terakhir Diupdate ( Rabu, 27 April 2011 07:34 ) Selanjutnya...
 


Halaman 4 dari 9

Newsflash

Bapemas KB Surabaya - Untuk mensukseskan Program Keluarga Berencana Kota Surabaya maka Bapemas & KB Kota Surabaya membentuk POSKO PERCEPATAN PENCAPAIAN PESERTA KB BARU. Posko tersebut diharapkan nanti bisa memenuhi target Peserta KB Baru. Dengan dibentukya POSKO Percepatan pada tanggal 8 - 11 Oktober 2010 maka target 60.230 Peserta telah tercapai dengan realisasi  68.334 Peserta atau 113,5 %.

Design by i-cons.ch / etosha-namibia.ch