Berita Pilihan Featured Kel. Berencana & Kel. Sejahtera

Gebyar KB Tahun 2016 Berlangsung Meriah di Kantor Bapemas dan KB

Pelaksanaan kegiatan Gebyar KB Tahun 2016 telah diadakan tanggal 7 Desember 2016 kemarin. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang biasanya dilaksanakan di dalam gedung, kegiatan Gebyar KB kali ini bertempat di halaman kantor Bapemas dan KB Jalan Nginden Permata No.1 Surabaya. Hal ini tentunya dapat meningkatkan peran serta masyarakat dan kampanye keikutsertaan terhadap program Keluarga Berencana (KB).

Pentingnya Program KB

Program KB sangat penting artinya dalam rangka menekan angka laju pertumbuhan penduduk, apalagi di kota Surabaya sebagai salah satu kota metropolitan. Pencapaian program KB selama ini tidak lepas dari peran serta institusi masyarakat yang ada serta dukungan dari lintas sektor. Suatu keberhasilan bersama yang patut mendapatkan apresiasi guna lebih memotivasi dalam rangka untuk mempertahankan prestasi yang telah dicapai bahkan untuk lebih menggairahkan kembali semangat untuk tetap komitmen terhadap program.

Merespon perubahan lingkungan strategis yang terjadi, Bapemas dan KB mengembangkan visinya dengan mengedepankan pendekatan yang menghargai hak, baik itu hak asasi individu, keluarga maupun masyarakat. Sejalan dengan perubahan tersebut, dalam operasional program KB di Surabaya selain tetap perlu meningkatkan kegiatan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) untuk mempengaruhi pengetahuan, sikap dan perilaku keluarga dan masyarakat terhadap program, juga perlu ditingkatkan program pendekatan advokasi, artinya individu, keluarga dan masyarakat disadarkan dan diberdayakan bahwa mereka memiliki hak untuk memperoleh layanan yang bermartabat. Seimbang dengan itu mereka juga diberdayakan agar mempunyai kewajiban dan tanggung jawab dalam mengupayakan berbagai program yang mereka butuhkan.

Untuk mencapai itulah, perlu kiranya diadakan kegiatan untuk mengapresiasi dukungan dari masyarakat peduli dengan program KB  yang diagendakan secara khusus melalui acara Gebyar KB. Inisiatif ini merupakan agenda akhir tahun yang diselenggarakan Bapemas dan KB.

Berlangsungnya Acara

Sejak pukul 06.00 WIB para peserta telah berkumpul di halaman kantor Bapemas dan KB untuk mengikuti dimulainya acara Gebyar KB 2016. Dalam kegiatan ini turut diundang antara lain Kepala Perwakilan BKKBN Propinsi Jawa Timur, para Kepala SKPD Kota Surabaya, para Camat, anggota PKK Kota Surabaya, Kader IMP, Kader BKB, RW, RT dan warga di sekitar Lingkungan Kantor Bapemas dan KB Kota Surabaya.

Pembukaan Gebyar KB 2016
Pembukaan Gebyar KB 2016

Acara dimulai dengan pelepasan peserta Devile yang diikuti oleh Kader IMP dari 31 Kecamatan Kota Surabaya. Sekitar pukul 08.15 acara resmi dibuka oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana, Ibu Dra. Nanis Chairani, MM sekaligus meresmikan pergantian nama instansi yang baru menjadi Dinas Pengendalian Penduduk Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP5A).

Turut memeriahkan Gebyar KB Tahun 2016 ini antara lain hiburan Kesenian Gending dan Tari dari SMKN 12. Selanjutnya penyerahan hadiah kepada Pemenang Lomba Kampung Sejahtera, Kecamatan dengan Pencapaian Aseptor MKJP terbanyak, Kader terbanyak memperoleh Aseptor MKJP. Selain itu juga dimeriahkan dengan Pemberian Doorprize, serta Bakti Sosial yang meliputi Pelayanan MOP, Pemasangan IUD, Implant, Donor Darah, Sunatan Masal, Pelayanan Akte, Pengobatan Umum, Cek Kesehatan, Pelayanan BPJS dan Pemeran UPPKS.

Penghargaan kepada Pemenang Lomba

Adapun para pemenang Lomba sebagai berikut:

Lomba Kampung Sejahtera ( Pro Walefare Action tahun 2016)

Juara I                      : RW IV Kelurahan Airlangga Kecamatan Gubeng
Juara II                     : RW V Kelurahan Kebraon Kecamatan Karang Pilang
Juara III                    : RW. II Kelurahan Gundi Kecamatan Bubutan
Juara harapan I      : RW. IV Kelurahan Tambak Wedi Kecamatan Kenjeran
Juara Harapan II    : RW. III Kelurahan Tembok Dukuh Kecamatan Bubutan

Pemberian Penghargaan Kepada Kader:

  • Pencapaian MKJP Kecamatan Terbanyak di raih Oleh Kecamatan Wonokromo
  • Pencapaian / Perolehan Akseptor KB MKJP terbanyak diraih oleh Kader dari Wilayah Kecamatan Kenjeran dengan nama sdri Sriyati

Foto-foto Kegiatan Gebyar KB