Pemberdayaan Perempuan

Capacity Building Kader PKBM dan Satgas PPA

Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan ketrampilan kader Pusat Krisis Berbasis Masyarakat (PKBM) dan Satuan Tugas Perlindungan Perempuan dan Anak (Satgas PPA) maka dilakukan kegiatan Capacity Building. Kegiatan ini dilakukan sebanyak 2 kali dalam setahun dimana tahap pertama telah dilaksanakan pada tanggal 16-18 Februari 2015. Sedangkan tahap kedua dilaksanakan pada tanggal 26 – 29 Oktober 2015 dan 3 – 5 November 2015.

Peserta kader PKBM berasal dari tingkat kecamatan sedangkan kader Satgas PPA berasal dari tingkat kelurahan yang ada di Kota Surabaya. Masing-masing kecamatan mengirimkan 7 kader PKBM dan dari tingkat kelurahan mengirimkan kader 2 Satgas PPA. Materi yang diberikan yakni kapasitas penanganan kasus yang terjadi dimasing-masing wilayahnya dan termasuk RTL untuk mewujudkan alur kampung aman.

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan, Anna Fajriatin AP, MM dalam sambutannya menekankan peserta untuk tidak henti-hentinya mengembangkan diri dalam mencegah dan menangani kasus yang terjadi diwilayahnya masing-masing. “Setiap kader mesti cekatan dan bekerja dengan hati dalam membantu dan melayani masyarat”ujar perempuan berjilbab ini.

Lebih lanjut para peserta merasa senang dan terbantu dengan kegiatan capacity building ini. “Bagus…bisa refreshing untuk materi-materi terkait penanganan yang bagus seperti apa kepada klien.” ujar salah satu peserta dari kecamatan Sawahan. (PP)