Kel. Berencana & Kel. Sejahtera

Capacity Building Bina Keluarga Balita Tahun 2016

Maraknya kasus kekerasan seksual  terhadap anak yang semakin membuat resah masyarakat dan mendapatkan perhatian khusus dari Ibu Walikota, mengingat Kota Surabaya merupakan Kota Layak Anak. Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (Bapemas KB) Kota Surabaya melaksanakan kegiatan penguatan kader Bina Keluarga Balita (BKB) pada tanggal 18 Juni 2016 di Gedung Sawunggaling dan dibuka oleh Ibu Walikota Surabaya.

Kader BKB sangat antusias mengikuti penguatan ini, hal ini dapat dilihat dengan jumlah peserta yang hadir sebanyak 800 peserta, dimana masing-masing peserta adalah ketua kelompok dari BKB di 31 kecamatan.

Materi yang diberikan pada kegiatan ini adalah “Pengasuhan Anak yang Berkualitas – Tanpa Kekerasan” oleh Bapak Hadi Utomo Ketua Yayasan Bahtera, dimana tujuan dari penguatan ini adalah mengajak kepada Kader BKB agar ikut berperan dalam mensukseskan program pemerintah Pusat sesuai Instruksi Presiden Republik Indonesia No. 5 Tahun 2014 tentang Gerakan Nasional Anti kejahatan Seksual. Pengambilan langkah – langkah yang diperlukan sesuai tugas dan fungsi serta kewenangan masing – masing secara terkoordinasi dan terintegrasi untuk pencegahan dan pemberantasan kejahatan seksual terhadap anak dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat dan pemerintahan, untuk menuju Kota Surabaya layak anak dan sentosa.